Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

bahaya merokok

PERINGATAN BERGAMBAR TENTANG BAHAYA MEROKOK AKAN LEBIH EFEKTIF???
Halo Sahabat MIKU…!!!
Rokok memang sudah menjadi masalah yang cukup besar bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara Asia lainnya seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand, rokok juga menjadi salah satu ancaman yang menakutkan bagi kesehatan. Menurut Rita Damayanti, peneliti dari pusat penelitian Universitas Indonesia, menyebutkan bahwa peringatan bergambar akan lebih mengena pada kebiasaan merokok, dan hal itu telah didukung oleh Koalisi Masyarakat Anti Tembakau yang telah mengajukan aturan tentang kewajiban bagi perusahaan rokok untuk mencantumkan gambar peringatan bahaya merokok pada kemasan produksinya.
Pertanyaannya apakah gambar tentang bahaya merokok ini akan benar-benar efektif?Sudah banyak gambar-gambar tentang bahaya merokok yang beredar di masyarakat. Misalnya saja di rumah sakit, apakah gambar-gambar itu akan membuat para perokok yang melihatnya merasa jera?tentu saja tidak, gambar itu pasti hanya kan dianggap sekedar “angin lalu”, perokok pasti hanya berkata “ah, itu kan cuma gambar, mana buktinya?setelah keluar dari rumah sakit mereka akan kembali merokok dan mulai menyebarkan asap rokok di sepanjang jalan yang mereka lewati. Ambil saja contohnya di berbagai fasilitas-fasilitas publik seperti halte, trotoar, perkantoran, mall yang kadang-kadang perokok masih mencuri-curi kesempatan bahkan sampai di kawasan pendidikan, banyak perokok yang masih tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Keadaan tersebut sangat mengkhawatirkan karena setiap hari, masyarakat yang sangat anti rokok harus melihat puntung rokok yang bertebaran dimana-mana. Bayangkan jika ada berjuta-juta orang perokok yang membuang sisa rokoknya di berbagai tempat, Indonesia akan menjadi lautan sampah rokok. Jadi, tidak ada bedanya antara orang yang terdidik dan tidak terdidik semuanya sama. Namun, tidak dapat dipungkiri kesehatan di lingkungan miskin yang disebabkan oleh rokok lebih besar daripada orang-orang yang terbilang mampu.
Sampai kapan Indonesia mau jadi seperti ini, “Peraturan yang selalu disebut-sebut, dibuat memang untuk dilanggar”, sang penegak hukum juga ikut-ikutan jadi pelanggar. Tulisan yang terdapat di setiap bungkus rokok “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin” sudah tidak dapat digunakan lagi karena tidak akan memberikan efek jera. Jika pemerintah memang berniat menyelesaikan masalah tembakau yang tidak pernah selesai, jangan hanya menyuruh para perokok hanya untuk merokok di tempat-tempat yang telah disediakan, tetapi ketika mereka melanggar juga tidak pernah ditindak secara tegas. Kalau perlu, jangan hanya gambar yang dicantumkan disetiap bungkus rokok, kalau perlu di dalam bungkus rokok diselipkan semacam flyer, brosur, dan sejenis sisipan-sisipan lainnya yang memberikan penjelasan secara lengkap tentang bahaya merokok, tentu saja dengan bahan kertas yang mudah didaur ulang dan biaya murah, mengingat produksi rokok yang jumlahnya massal.
Himbauan dan saran yang tegas bagi para perokok, mohon lebih memperhatikan lingkungan sekitarnya dan tidak acuh tak acuh terhadap orang-orang yang tidak menyukai asap rokok anda yang dapat membahayakan kesehatan mereka.Perlu diingat bahwa perokok pasif lebih membahayakan daripada perokok aktif itu sendiri, terutama bagi ibu dan anak-anak karena penyebab status gizi anak yang semakin memburuk, salah satunya juga disebabkan oleh asap rokok.
(Berdasarkan Surat Kabar KOMPAS, Kamis, 14 Mei 2009, Tembakau: Peringatan Bergambar Lebih Efektif)
2 Tanggapan
Assalamu’alaikum.
Vidi,aku tepati janjiku untuk mengisi blogmu. Hadi baru baca satu artikel, Bahaya Ngerokok ini. Baru aja hadi tanya, “ini tulisan kamu sendiri atau ngutip?” dan kamu menjawab, “Tulisan sendiri.”
Hadi pikir, tulisan yang kamu bikin ini udah lebih dari sekedar bagus. Untuk tulisan kamu ini, gak tahu yah karena hadi sendiri bukan pemerhati artikel dan belum ahli dalam menulis artikel, tapi tulisan kamu ini udah cukup untuk membuat pembaca tertarik, apalagi pakai visualisasi.
Mungkin yang perlu ditambahin cuma data statistiknya aja, biar semua kebutuhan kriteria pembaca itu terpenuhi. Kan kita juga perlu tahu, seberapa banyak atau besar angka yang bisa mengatakan bahwa rokok itu berbahaya.Ok,Vid?!
Sukses bikin blognya. Kalau bisa, bukan cuma untuk tugas kuliah, tapi memang untuk mencurahkan seluruh pemikiran kamu tentang dunia ini.
Share this article :
 
Reaksi: 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger