Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

Go Global With Culture - Basa Jawi dan English


Sekarang, jika ditanya mengapa tidak menyukai English, rata-rata menjawab.. Hla wong Jowo kok dikongkon ngomong bosone wong liyo. Yo jelas ora iso. Ngomonge yo Basa Jawi, uduk English

Memang benar, kita orang Indonesia khususnya orang Jawa. Sejak lahir pun orang tua kita ngemong memakai Bahasa Jawa (ada yang waktu kecil langsung diajak ngobrol English? haha), dan dibesarkanpun dengan bahasa Jawa. Setiap haripun kita berkomunikasi dengan bahasa Jawa. mungkin ada, tapi jarang yang menggunakan Basa Jawi dan English beriringan.


Tapi, apa cukup hanya dengan bahasa Jawa membawa kita maju ke jenjang Internasional ? Tentu tidak. Bagaimana bisa kita bersosialisasi dengan negara lain jika kita tidak dibekali English yang cukup memadai. English untuk apa? Ya tentu untuk mensosialisasikan budaya kita di panggung internasional alias Go Global With Culture.

Tapi perlukah kita tetap melestarikan bahasa jawi? Yaiyalah. " English'nya keren., terus buat apa bahasa jawa nya.? "Tujuan English tadi adalah sebagai alat komunikasi mensosialisasikan budaya kita di internasional, jika tanpa bahasa asli kita, bahasa daerah, bahasa Jawa tercinta, terus apa yang harus disosialisasikan?
Benar kan.

Jadi intinya, Basa Jawa tidak seharusnya dibanding-bandingkan dengan English, karena jelas kedua bahasa ini lahir dari tanah yang berbeda. Tapi, seharusnya kedua bahasa ini, Basa Jawi dan English harus diterapkan agar bisa saling menunjang. Inilah salah satu cara Go Global With Culture. Sejak dini kita harus terus mengusahakan Go Global With Culture, karena sesuai yang kita tahu bahwa negara lain akan mencoba menjajah kita jika kita tidak menunjukkan identitas itu.

Walaupun kita entah ke negara manapun tetap kita junjung tinggi budaya kita, jangan terus lupakan budaya kita sebagai identitas kita.. Dan bagaimana cara agar mereka menghargai budaya kita? Dengan Go Global With Culture.

Go Global With Culture !

Share this article :
 
Reaksi: 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger