Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

Friendship of Globalization and Local Tradition


Sejak dulu yang digembar-gemborkan adalah globalisasi menjadi musuh terbesar budaya asli Indonesia. Dengan berbagai alasan disebutkan mengapa hal ini bisa terjadi. Faktor takutnya bangsa ini seiring menipisnya minat rakyat Indonesia terhadap budaya sendiri dan lebih memilih budaya orang sampai ketakutan bangsa ini jika budaya asli Indonesia akan di klaim oleh negara lain seperti yang beberapa waktu lalu pernah kita alami.

Tapi, pernahkah kita sadari bahwa sebenarnya Globalisasi ini sendiri bisa menjadi pintu gerbang yang akan terbuka lebar bagi kebudayaan kita di kancah Internasional? Peluang bagi bangsa Indonesia untuk Go Global With Culture akan semakin besar dengan adanya Globalisasi ini sendiri. Mungkin sangat sedikit orang yang bisa berfikir seperti ini.

+




Masyarakat kita cenderung hanya memandang sesuatu dari satu sudut pandang. Padahal seharusnya kita harus perspektif untuk maju. Bahwa Go Global With Culture seharusnya akan berjalan lebih mudah di era saat ini.

Sekarang, apa yang terjadi jika kita hanya mempelajari budaya sendiri tanpa mengikuti arus globalisasi? Yang terjadi adalah kita jalan di tempat. Pastinya budaya kita akan benar-benar terlestarikan, tapi korbannya adalah bangsa kita yang akan terbelakang dari kemajuan dan kemodernan dari negara lain.

Sebaliknya, apa yang terjadi jika kita hanya mengikuti arus globalisasi tanpa mempelajari budaya tercinta? Mungkin bangsa ini akan menjadi bangsa yang berlari kencang tapi menjadi bangsa tanpa identitas.
Kita tengok China dan Jepang, negara berbudaya yang sangat maju, seharusnya kita bisa menjadi negara berbudaya yang lebih hebat dari mereka.

Budaya adalah identitas kita, dan globalisasi adalah ujung tombak kita untuk maju. Jadi, kenapa tidak kita gabungkan saja? Kita berjalan bergaul dengan dunia luar namun dengan budaya di diri kita sebagai identitas yang jelas.

Tidakkah kita akan merasa bangga ketika kita sanggup mempertahankan budaya ini namun juga sanggup berlari kencang menyusul negara-negara maju yang lain? Yang dengan kata lain kita sanggup menerapkan prinsip Go Global With Culture pada seluruh masyarakat Indonesia?

Karena itulah, jangan jadikan dua hal penting tersebut menjadi sesuatu yang sangat bertolak belakang dan tak bisa disatukan. Namun bangunlah persahabatan diantara mereka untuk membawa bangsa dan negara ini lebih maju. Bangunlah Friendship of Globalization and Local Tradition.!

Ditunjang oleh para Blogger bangsa Indonesia yang selalu berusaha membuat Indonesia semakin maju dengan budayanya diawali dari dunia maya dengan membuktikan bahwa kita hebat..

Go Indonesian Blogger..!

Go Our Culture..!

Share this article :
 
Reaksi: 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger