Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

Boluhutuo, Pantai Indah di Lintas Sulawesi


JIKA pada suatu ketika Anda datang di Provinsi Gorontalo, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Bolihutuo yang terletak di Kabupaten Boalemo, kira-kira 120 km ke arah barat Kota Gorontalo.

Tentu saja di Kota Gorontalo sendiri sudah tersedia objek wisata pantai, yaitu Pantai Ria. Akan tetapi Bolihutuo cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri dari segala rupa hiruk-pikuk kesibukan perkotaan. Kota Boalemo berjarak kurang lebih 100 km dari Gorontalo, ditempuh pakai kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum dengan ongkos Rp15.000 per orang. Kota ini berada di tepi jalur lintas Sulawesi.

Selama perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan alam yang sejuk, hijau, lembah dan bukit ditandai dengan lambaian pohon kelapa, persis seperti syair lagu Rayuan Pulau Kelapa itu.

Di sepanjang jalan itu pula kita bisa berhenti di beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh seperti pisang yang besar-besar buahnya, makanan khas Gorontalo seperti ilabulo (daging, lemak serta kulit ayam yang dimasak pakai pati sagu), binte biluhuta (sup jagung yang lezat) serta dodol khas daerah sana.

Atau menikmati jagung pulut di Paguyaman, di dekat lokasi transmigrasi. Jagung ini memiliki tongkol yang lebih kecil dibandingkan dengan jagung biasa, namun rasanya sangat khas, lembut, dan gurih.

Kota Boalemo semula adalah ibu kota kecamatan, yang kemudian dimekarkan menjadi sebuah kabupaten setelah Gorontalo berdiri terpisah dari Provinsi Sulawesi Utara menjadi provinsi tersendiri. Kota kecil ini masih dihiasi oleh pepohonan yang menghijau dengan ketenangan dan keramahan penduduknya yang khas.

Di sana kita mendapatkan tiga hotel sederhana yang cukup bersih dan memadai, yaitu Hotel Pratama, yang mengenakan tarif per orang Rp 25.000, dan memiliki beberapa kamar ber-AC. Hotel ini terletak di luar kota, kira-kira tiga kilometer menjelang Boalemo. Kemudian ada Hotel Indraloka yang berlantai dua dengan tarif Rp 25.000 dan tersedia kira-kira 20 kamar. Sebuah lagi adalah cottage yang milik pemerintah kabupaten dan dapat disewa oleh umum dengan pemberitahuan terlebih dahulu, letaknya di pantai Bolihutuo.
Ada enam restoran yang cukup besar yang bisa kita temui yaitu Rumah Makan AZ yang menyediakan menu khas daging kambing seperti gulai, kari, sate dan lain-lainnya. Ada lagi RM Kairo yang – ini hebatnya – justru menyediakan masakan khas Timur Tengah, serta tiga restoran khusus seafood yang terletak di pantai Boalemo. Ikan bakar yang bisa kita nikmati pakai dabu-dabu, yaitu irisan bawang merah, cabai serta tomat yang direndam di minyak kelapa panas, membikin nafsu makan menggebu-gebu.

Ada yang istimewa di sini. Ikan napoleon yang berharga ratusan ribu per kilo di Jakarta, di sini bila musim tiba dan ada nelayan yang berhasil menangkapnya. Cuma berharga Rp 25.000 per kilonya. Selain itu Boalemo yang terletak di tepian Teluk Tomini ini juga terkenal dengan ikan terbangnya (bolihutuo).

Menurut nelayan setempat, ikan-ikan dari berbagai penjuru laut di Tanah Air, suka datang ke Teluk Tomini yang tenang itu untuk bertelur. Seorang nelayan asal Marissa mengatakan, ia pernah menangkap ikan tuna yang sudah diberi peneng yang menyebutkan ikan itu pernah ditangkap di Kepulauan Seribu, di Teluk Jakarta. Ikan itu ia lepaskan kembali, karena ia percaya tangkapannya itu sebuah objek penelitian ilmiah.

Lembah Tilamuto terletak kira-kira lima kilometer sebelah utara ibu negeri. Di sana dibangun sebuah kompleks peristirahatan, yang terdiri dari ruang pertemuan, kamar serta dangau-dangau. Letaknya yang berada di lembah dan di ujung sebuah tikungan berbentuk huruf U cukup menarik. ia menawarkan peristirahatan tenang di alam pegunungan. Tak jauh dari kompleks itu bumi perkemahan dengan fasilitas umum komplet termasuk kamar mandi, toilet, serta tempat beribadah.

Kita dapat melihat di sekitar tempat itu ada beberapa orang pembuat gula merah dari nira pohon enau (aren). Pengunjung dapat menyaksikan bagaimana proses pembuatan gula merah itu, mulai dari perebusan nira hingga pencetakan dan pembungkusan pakai daun palem yang sangat khas daerah Gorontalo. Di taman kita pun bisa bermain-main dengan beberapa ekor kijang yang sengaja dipelihara dan dibiarkan bebas lepas.

Lima kilometer dari tempat itu terdapat air terjun Ayuhulalo, yang sedang dikembangkan oleh Pemkab Boalemo sebagai salah satu unggulan tujuan wisata. Daerah sejuk ini terletak di ketinggian kira-kira 200 m di atas permukaan laut. Penduduk setempat percaya air terjun ini lebih indah dari Bantimurung yang ada di Sulsel. Benar tidaknya tentulah harus kita saksikan sendiri.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger