Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

Kenapa Saya Suka Mengantuk?


Tanya:
Dok, mau tanya ngapa setiap pagi dalam kegiatan belajar di kelas saya selalu merasakan ngantuk. Walaupun kadang abis olahraga tapi masih tetep ngantuk,,dan kadang saya orangnya mudah capek. Apakah saya terkena anemia ya dok? Mohon hubungkan dengan karakterku yang melankolis sekali,bagaimana dunia kesehatan menjawab hal ini?
Jawab:
Mudah ngantuk di pagi hari bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: tidur yang kemalaman (di atas jam 24). Harap diingat, ketika waktu menunjuk pukul 24 maka organ hati kita langsung melakukan metabolisme asam laktat (zat kelelahan yang ada di aliran darah) untuk diubah menjadi tenaga kembali. Proses tersebut berlangsung selama dua jam (antara jam 24 sd 02 pagi). Kalau pada jam tersebut kita belum juga tidur, maka proses perubahan zat kelelahan menjadi zat sumber tenaga akan tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, di pagi hari kita seperti mengantuk, dan tidak segar.
Oleh sebab itu, hindarilah tidur di atas jam 24 untuk memberikan kesempatan kepada organ hati kita melakukan tugas metabolisme merubah asam laktat (zat kelelahan) menjadi salah satu sumber tenaga tubuh kita.
Kantuk di pagi hari juga bisa disebabkan karena kadar hemoglobin (Hb) kita rendah akibat anemia (Hb < 10). Fungsi hemoglobin antara lain menjadi pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Apabila kadar hemoglobin kita rendah (akibat anemia) maka semua organ tubuh akan kekurangan oksigen yang ditandai dengan : mudah mengantuk, mudah lelah, lemah, lesu, letih, tak bertenaga, konsentrasi terganggu, dan produktifitas kerja menurun. Juga ujung jari terasa kesemutan, mudah sesak nafas, serta kesulitan buang air besar.
Anemia hanya bisa diketahui dengan pasti apabila kita melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin. Jadi sempatkanlah untuk ke laboratorium. Apabila kadar Hb < 7 g/dl maka harus dikoreksi dengan transfusi darah.
Penyebab lain kantuk adalah karena kekurangan kalori yang masuk ke tubuh kita. Hal ini terjadi kalau pekerjaan kita (aktifitas kita) cukup banyak akan tetapi masukan makanan kurang (malas makan, tidak sempat), maka cadangan kalori tubuh akan kurang. Akibatnya tubuh akan protes dalam bentuk mudah kantuk.
Dengan demikian, sempatkanlah makan sesibuk apapun kita. Tapi jangan berlebihan. Jadi makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Karena kekenyangan juga dapat memudahkan munculnya kantuk. Kelaparan juga memudahkan mengantuk.
Adakah kaitan sifat (karakter) melankolis sekali dengan keadaan kesehatan tubuh, mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan hal tersebut karena keterbatasan kepustakaan.
Share this article :
 
Reaksi: 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger