Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

Gaya Komunikasi

GAYA KOMUNIKASI
Salah satu kunci kesuksesan adalah mengenali gaya komunikasi diri sendiri. Pada umumnya gaya komunikasi yang dianggap sukses adalah gaya komunikasi yang tegas. Gaya komunikasi ini tercermin pada pola sikap hidup sehari-hari. Misalnya jika mendapat kegagalan, hal itu hanyalah sebagai pengalaman dan pembangkit motivasi untuk melakukan perubahan, bukan malah larut dalam kesedihan dan perasaan bersalah. Cara untuk mengenali gaya komunikasi seseorang dapat dilakukan dengan bergaul dekat dengan orang tersebut. Tetapi bagaimana caranya untuk mengenali gaya komunikasi diri kita sendiri.
Beberapa gaya yang tidak kita sadari dapat muncul dan mengganggu cara berkomunikasi, diantaranya :
- pandangan yang sangat agresif
- tidak mau kompromi
- tidak toleran
- tidak mau berubah (baik sikap maupun pendapat)
- tidak sabar
- arogan (congkak)
- sarkastis (berlidah tajam)
- manipulatif (suka mempermainkan)
- dismisif (suka menolak)
- superior (tinggi hati)
Tetapi jangan pula termasuk kedalam golongan orang yang ingin mengembangkan sikap tegas dengan jalan menjadi 'korban'. Ketegasan yang dimaksud dalam hal ini adalah orang lain akan memperlakukan anda seperti yang 'diminta'. Jika seseorang memahami yang anda minta.
Dominasi gaya komunikasi seseorang tergantung pada keadaan komunikasinya yang berasal dari pola sikap, yaitu
Pasif
Sikap pasif biasanya bertalian dengan 'kalah', orang yang selalu mundur, menyerah, dan patuh. cara komunikasi ini penuh dengan permintaan maaf, seperti persetujuan yang penuh keengganan dan pernyataan-pernyataan yang negatif tentang dirinya sendiri. Sikap pasif menyiratkan bahwa 'anda OK, tetapi saya tidak OK'
Pasif /agresif
Sikap pasif/agresif biasanya berkaitan dengan "penyabot". Ini sama sekali tidak dilakukan secara terbuka. Tetapi motivasi agresifnya sangat jelas. sifat yang menonjol dari cara komunikasi ini adalah komentarnya yang sarkastis/tajam, yakni komentar dengan dua arti dengan sinyal-sinyal non verba, seperti menatap ke langit yang bersikap cemooh. Pesan yang terkandung didalamnya adalah saya tidak OK, anda juga tidak OK
Agresif
Sikap agresif adalah sikap yang tidak mengindahkan orang lain. Meskipun orang ini dianggap sebagai 'orang yang rajin/giat atau salah seorang pemenang dalam hidup ini, namun mereka biasanya ditakuti karena gayanya yang mendorong adanya sikap palsu dari orang lain yang lebih suka tidak berani menghadapi kemarahan agresif ini. Pesan yang disiratkan orang ini adalah 'saya OK, tetapi Anda tidak OK'.
Tegas
Komunikasi tegas tidak mengurangi atau menurunkan martabat manusia lainnya, tidak melanggar hak orang lain mana pun, dan tidak menjauhkan diri dari berbagai masalah yang penting. Sebaliknya, sikap ini justru mendorong adaya komunikasi yang yang memuaskan dimana kebutuhan semua orang terpenuhi dengan cara yang terbaik. Yang secara khas dapat menunjukkan sikap tegas ini adalah penggunaan pernyataan 'saya'. ini menunjukkan bahwa orang yang berkomunikasi itu mau memikul tanggung jawab atas pesan yang disampaikannya. Bentuk komunikasi ini didasarkan pada rasa hormat terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain. Pesan yang disiratkan adalah ' saya OK, dan anda juga OK', sehingga tidak ada yang kalah.
PENGENDALIAN HIDUP
Kunci untuk mengendalikan hidup kita sendiri adalah mengetahui diri kita sendiri. Langkah-langkah dalam pengendalikan hidup adalah :
* Bahasa untuk menang
* Penegasan yang positif
* Visualisasi yang kreatif
* Membangun rasa harga diri.
BAHASA UNTUK MENANG
Bahasa untuk menang adalah bahasa dari sikap yang tegas. Sebaiknya yang perlukan diperhatikan adalah cara untuk menyatakan sesuatu (pengucapannya), bukan yang diucapkan.
Kualitas untuk menang dari seorang komunikator yang tegas itu adalah :
-bahasa yang langsung dan jelas
- kemampuan untuk menunjukkan pemahaman dan untuk merasakan perasaan orang lain keterampilan mendengarkan secara aktif
- kemampuan untuk mengadakan hubungan dan mempertahankannya
- Kontak mata, suara, dan sikap tubuh yang baik.
- rasa percaya diri pada apa yang anda kata - tanpa komentar yang menghindari perhatian orang atau permintaan maaf.
Share this article :
 
Reaksi: 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger