Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

8 Makanan Penjaga Daya Ingat


Kesehatan Ibu Dan Anak Seiiring bertambahnya usia kemampuan daya ingat akan menurun. Ada baiknya perbanyak konsumsi makanan alami untuk mencegah kepikunan dini. Seperti tomat, kuaci, atau brokoli. Kandungan nutrisinya bikin daya ingat tetap terjaga ketajamannya.

Penyakit yang kini banyak ditakuti orang adalah penurunan fungsi otak secara tajam di saat usia menjelang tua. Salah satunya adalah Alzheimer. Penyakit ini dapat melemahkan daya ingat secara drastis yang membuat orang tidak bisa berbuat apa – apa.

Ada sejumlah bahan makanan yang dianjurkan, untuk dimakan secara rutin agar daya ingat tetap terjaga dengan baik.

Gandum
Makan gandum beserta olahanya seperti sereal, wheatbrand, dan pasta gandum memberikan vitamin B12 dan B6 yang bisa meningkatkan dan mempertahan daya ingat. Juga beresiko lebih rendah dari penurunan kognitif ringan yang dapat berkembang menjadi penyakit Alzheimer.

Minyak ikan
Jenis ikan seperti mackarel, tuna, salmon, dan jenis ikan laut lainnya memiliki minyak dengan sumber asam lemak omega3 yang dibutuhkan oleh otak. Selain asam lemak omega-3, ikan-ikan ini juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan yodium yang bagus untuk syaraf otak dan mengasah daya ingat lebih tajam.

Blueberry
Menurut penelitian Tufts University dan Journal of Neuroscience, ekstrak blueberry dapat membantu memelihara serta meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Tomat
Tomat kaya akan Lycopene dan antioksidan yang bisa membantu melindungi terhadap jenis kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang diakibatkan karena faktor usia.

Blackcurrant
Vitamin C pada Blackcurrent sudah dikenal memiliki kekuatan untuk meningkatkan ketangkasan mental dalam berfikir. Mampu menjaga otak dari racun dari lingkungan ataupun makanan, sehingga bisa mencegah terjadinya penurunan daya ingat.

Kuaci biji labu
Kuaci yang berasal dari biji labu memiliki kandungan zinc yang baik untuk meningkatkan dan memelihara ketajaman otak dan pikiran.

Brokoli
Brokoli merupakan sumber vitamin K, yang dikenal baik untuk meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan otak dalam berfikir.

Kacang-kacangan
Menurut the American Journal of Epidemiology, kacang atau pun selai kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu, kacang juga menjadi sumber vitamin E tinggi yang bisa menjaga tubuh tidak hanya dari serangan jantung tapi juga memperbaiki untuk sistem kerja otak. (detik)
Share this article :
 
Reaksi: 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger