Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

Modifikasi Honda Jazz RS 2010, Tuning 2,5 Jam



Honda Jazz - Percaya atau tidak, hanya dalam 2,5 jam Anda pun bisa melakukan upgrade performa pada Honda Jazz dan mengail sekitar 40 dk ekstra. Ah masa sih?

Supercharger

Apa yg dipasang plug and play? Ternyata sebuah kit bolt-on superchager yg didatangkan dari Negeri Kangguru alias Australia. Supercharger Kit buatan ATG Sprintex datang komplet dan memang didesain khusus buat mesin L15 andalan All New Jazz RS.

Paketnya berupa satu buah supercharger, fanbelt dan tensioner-nya, ekstra injektor dan jalur bensin tambahan plus piggyback yg sudah diisi program dari sono-nya. Karena sudah komplet seperti itu, pemasangannya jadi cepat.

Misalnya, memasang supercharger yg berbeda dgn turbocharger. Peranti ini dipasang pada saluran masuk, tidak seperti turbo yg disematkan pada exhaust.

Supercharger yg datang berbentuk kotak dgn puli penggerak (baca boks). Utk memasang ke mesin, pemampat udara itu akan ditempelkan pada intake manifold baru yg sudah disiapkan pada kit.

Jadi, tidak tampak lagi tutup mesin plastik bertuliskan i-VTEC. Karena posisinya sudah digantikan dgn supercharger yg menempel pada intake dan dibaut langsung ke kepala silinder.

Semuanya terlihat rapi, karena kotak supercharger itu terhubung langsung dgn throttle body standar. Nah, skep gas asli mobil itu kan berkaitan dgn kotak saringan udara orisinal. Makanya di bagian kanan mesin, semua masih tampak standar.

Kontrol injektor tambahan itu diatur piggyback khusus. Komputer tambahan ini relatif simpel. "Cuma ada lima kabel utama, buat map sensor, crank angle sensor, water thermo sensor, engine rpm, dan power. Sisanya ground dan kabel ekstra injektor," papar pria 28 tahun ini.

Dgn boost 0,4 bar, entakan tenaga mulai terasa sejak 1.500 rpm. "Klaimnya sih 40 dk. Sayg, belum sempat dyno. Kalau mau lebih enak lagi, bisa ganti header," lanjutnya seraya menyebut total biaya sekitar Rp 37,5 juta.

Sumber: otomotifnet.com

Temukan Info Lain Seputar Honda Jazz

Share this article :
 
Reaksi: 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger