Semangat untuk masa depan yang cerah itulah motto saya, dan jangan pernah menyerah untuk melakukan pekerjaan yang kamu hadapi

Spesies Baru Cumi-Cumi Ditemukan di Samudera Hindia


Para ilmuwan telah menemukan jenis cumi-cumi besar diantara 70 jenis yang dikumpulkan pada eksplorasi di kedalaman laut Samudra Hindia. Demikian diungkapkan pihak International Union for the Conservation (IUCN).

Cumi-cumi berukuran 70 cm (27 inci) tersebut adalah bagian dari keluarga 'chiroteuthid' dengan organ yang bisa memancarkan cahaya yang akan memancing para pemangsa dari kedalaman lautan. Demikian seperti yang dikutip dari AFP, Selasa (16/11/2010).

Kapal peneliti 'Seamont Cruise' tahun lalu telah menjaring 7.000 sampel mahkluk hidup di Samudera Hindia selatan pada kedalaman 1.200 meter.

"Untuk 10 hari sejak hari ini, 21 ilmuwan yang dilengkapi dengan mikroskop telah bekerja untuk meneliti ikan-ikan, cumi-cumi, zooplankton dan mahkluk-mahkluk menarik lainnya," ujar Alex Rogers, ahli biologi kelautan di Zoological Society of London.

Kapal 'Seamont Cruise' ditujukan untuk menjelajahi kedalaman laut untuk meneliti konservasi dan pengaturan sumber daya kelautan di wilayah tersebut.

"Kami berharap akan dapat hasil dari penelitian ini dalam 12 sampai 18 bulan ke depan," tambah Rogers. Cumi-cumi raksasa yang jarang terlihat diperkirakan memiliki ukuran panjang di atas 10 meter.
(srn)
Share this article :
 
Reaksi: 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ILMU TENTANG DUNIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger